Memanfaatkan Daycare

Orang tua yang bekerja, menyerahkan pengasuhan anak ke orang lain, selama mereka di kantor, menjadi pilihan yang sulit ditawar.  Umumnya, mempekerjakan babysistter atau mempercayakan anak ke saudara, seperti mertua atau ipar.  Alternatif yang kini mulai berkembang, walau tidak selalu menjadi pilihan utama, adalah menitipkan anak ke daycare. Apa kelebihannya dibandingkan menyewa babysitter? Kebutuhan fisik, mulai dari asupan gizi sampai kebersihan badan, memang bisa dipenuhi babysitter.  Namun anak juga membutuhkan stimulasi-stimulasi yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangannya.  Tapi anak juga perlu bersosialisasi agar mengerti cara hidup dan aturan dalam kelompok.  Hal-hal inilah yang belum tentu bisa dilakukan babysitter“Daycare  yang baik berfungsi lebih dari sekedar tempat penitipan, tapi juga sebagai tempat menyelenggarakan kegiatan perangsangan, khususnya di periode emas (golden age) seorang anak yakni usia 0-5 tahun.  Karena pada masa ini, anak mampu menyerap segala sesuatu dengan cepat.  Apabila ingin memercayakan pengasuhan anak kepada pihak yang kompeten,ada hal-hal yang perlu dicermati.

Anggaran. Biaya pendidikan, khususnya bagi anak usia dini, hendaknya tidak dianggap sekedar pengeluaran, melainkan bentuk investasi jangka panjang.   Jika ingin memanfaatkan fasilitas daycare, sisihkan sebagian penghasilan keluarga untuk ini.

Seleksi lokasi. Carilah informasi dari internet atau rekomendasi dari teman.  Seleksi awal hendaknya mempertimbangkan lokasi.  Pilih yang dekat dengan kantor untuk menghemat waktu.  Perhatikan pula faktor keamanan lokasi.  Sebaiknya jangan memilih daycare di tempat yang terlalu terbuka dan kurang pengawasan.

Suasana di daycare. Ini adalah faktor yang tidak bisa diindahkan begitu saja.  Misalnya perbandingan antara jumlah pengasuh (caregivers) dengan jumlah anak, serta kegiatan hariannya.  Luangkan waktu untuk datang berkunjung dan mengamati lansung semua fasilitas yang disediakan.

Kesediaan tenaga ahli. Kita perlu tahu apakah daycare itu menyediakan tenaga-tenaga ahli seputar kesehatan dan psikologi anak, ahli gizi dan psikolog perkembangan.  Ini sudah merupakan kebutuhan dasar.  Hal ini bisa kita tanyakan kepada pengelola.  Sebagai pertimbangan lebih lanjut, tidak ada salahnya bertanya latar belakang para pengasuh yang bekerja di sana.

About hari purwono
life is a constant struggle

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: